Friday 10 February 2017

(Cok Free Auto Typer) Tool Text Templating Untuk Meringankan Pengetikan Berulang Dalam Aplikasi Dapodikdas

Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri. Mungkin cara ini berguna bagi teman-teman Operator Sekolah dalam rangka melakukan pengisian Dapodikdas yang cukup menyita waktu.
untuk mengisikan data yang berulang semisal nomor SK pada jam mengajar tiap rombel maupun Tanggal SK.
Untuk ilustrasi bisa dilihat pada gambar berikut :
Nah dari gambar itu kita bisa melihat terjadi perulangan pengetikan data nomor SK dan tanggal SK. Cara sederhana untuk mengisi data tersebut tanpa mengetik ulang biasanya dengan menggunakan copy dan paste, akan tetapi cara tersebut tidak efektif ketika kita mengisikan mata pelajaran wajib tambahan dan mapel tambahan yang tentunya berbeda form.

 maka dari itu sebagai operator dapodik yang sedikit malas kita bisa menyiapkan sebuah alat tempur yang bisa kita gunakan untuk membuat template pengetikan berulang. nama aplikasi ini adalah cok free auto typer.
Aplikasi ini bisa kita download di sini

Untuk menggunakan aplikasi ini cukup lakukan instalasi seperti berikut :





Setelah selesai instalasi buka aplikasi dan klik add untuk menambahkan template pengetikan.

Masukkan hotkey (tombol yang kita pencet untuk mengisikan nomor SK nantinya, saya menggunakan tombol ctrl+a karena tombol ini saya anggap relatif dekat) lalu klik ok. lakukan hal yang sama untuk membuat template tanggal SK saya menggunakan hotkey ctrl + S.
lanjutkan dengan memilih set->option
Pilih type 2 kemudian OK. tutup tampilan cok free auto typer. sampai di sini aplikasi siap digunakan.

untuk menggunakannya cukup letakkan kursor pada form yang dituju

tekan hotkey(paduan tombol) yang tadi disikan pada template cok free auto typer. karna saya tadi mengisi ctrl+a untuk nomor SK dan tombol ctrl +s untuk tanggal SK maka saya tekan ctrl +a pda form nomor SK dan tombol ctrl+S pada form tanggal SK.hasilnya tara...... ulangi pada masing-masing form sampai selesai seperti gambar berikut ini
SALAM SATU NUSA SATU BANGSA SATU DATA.




0 comments:

Mau Untung Ikuti Jejak Kami

Search This Blog