Monday 8 October 2012

INSTALASI PHP MYADMIN PADA LINUX SME SERVER.



Maaf sobat semua. Sudah lama saya tidak update blog ini. bukan karena kesibukan tapi karena otaknya lagi pas-pasan buat mikir aja
kebetulan saya sedang membuat sebuah proxy server. Belum buat sebenarnya sich masih coba-coba pada virtual machine. Berkat bimbingan dari mahakarya larry page akhirnya saya memilih Linux sebagai Osnya. Karena selain handal juga tidak rentan terkena virus.
Untuk distronya sich saya pilih SME Server sebagai bahan yang nanti akan saya buat. Saya disini tidak akan menjelaskan tahap-demi tahap bagaimana cara instalasi dan setup SME Servernya. Soalnya banyak banget fiturmya mulai dari internet gateway. Mail server, Squid Proxy server pokoknya nggak jauh beda dech sama linux CentOS. Baiklah jangan paksa saya bercerita tentang keunggulan distro ini. nanti jadi panjang banget deh bahasaanya. Langsung aja ke pokok bahasan kita untuk membuat PHPMyaAdmin buat administrasi mysql kita yang berbasis web. Soalnya nantinya server yang saya buat tidak akan saya pelihara sendiri. Jadinya ya... meski bisa dioperasikan oleh orang awam sekalipun.
Pertama-tama download dulu phpmyadmin-2.11.10-2.tar.gz di http://www.phpmyadmin.net/
 Ekstraklah di folder root web kita ( defaulnya : /home/e-smith/files/ibays/Primary/html )
(pake Filezilla aja gampang)
Kemudian ganti nama  biar enak phpmyadmin aja.
Kemudian akses dari http://ipserver/phpmyadmin/setup(sesuai Folder tadi)
Isi dech dengan konfigurasi file-file kalian.
Kalau sudah selesai langsung aja akses dari ipserver/phpmyadmin....
Nama username password kita buat dari terminal linux  Buat user mysql yang boleh mengakses phpmyadmin
mysql> use mysql
mysql>GRANT ALL PRIVILEGES ON *.* TO nama@localhost IDENTIFIED BY 'password' WITH GRANT OPTION;
(nama dan password sesuaikan dengan kemauan anda)
Kalau sudah maka selesai dech tugas kita instalasi php my admin di SME Server tinggal kerjakan tugas-tugas lainnya. Mudah-mudahan manfaat.



0 comments:

Mau Untung Ikuti Jejak Kami

Search This Blog