Thursday 5 May 2011

Membuat Proyektor Touch Screen Yang Murah dan terjangkau


sobat blogger kali ini saya akan berbagi info ke.. anda. hmmm share sedikit pengalaman sich.. awal mulanya saya pernah mengikuti sebuah presentasi perlengkapan TIK. he... saat itu orangnya se mempresentasikan alat yang minimal saya belum pernah lihat. ya.. karena wujudnya presentasi ya tinggal lihat lihat aja.
Sebelum Presentasi si orang itu mengeluarkan sebuah stik yang panjang (dalam hati tentu aja aku ngomong mirip guru madrasah aja) trus tuh orang nyalain laptopnya. clep..... he.. agak lebai ya

trus tancep sana tancep sini pencet sana pencet sini kayak orang bingung. mulai dech orang tersebut beraksi. he.... kasian tu orang ketika presentasi ternyata laptopnya nggak bersahabat alias hank berat. he........ tapi dengan daya dan upaya akhirnya tuh orang bisa juga presentasi... ya.. seperti judulnya tadi ya alat tersebut memang mampu mengubah stik panjang tersebut menjadi sebuah mouse untuk tembok layar sentuh. he....... aku jadi tertarik he... makanya aku langsung tanya harga.
Sungguh kaget bukan main rupanya alat tersebut dihargai 25.000.000,- busyet... mahal amat. karena aku anak blogger tentu nggk bakalan terima mentah-mentah penawaran itu he... langsung aja mbah Google setia membantuku. he.... tak kurang dari beberapa menit ternyata ketemu juga. alat ini ternyata hanya memanfaatkan sebuah controller sebuah permainan games. he... modalnya nggk sampe sebesar itu. ternyata kita bisa membuatnya dengan modal sekitar 500.000,- selisih jauh bukan?
Untuk memulai bereksperimen membuat Interactive Whiteboard, saya membutuhkan berbagai peralatan seperti Wii Remote atau Wiimote, IR (Infra Red) Pen, aplikasi kalibrasi layar (Wiimote Whiteboard v2.0 buatan Johnny Lee) dan Tripod Kamera sebagai tempat meletakkan Wiimote. Perangkat yang pertama kali saya cari adalah Wii Remote (Wiimote), yaitu sejenis remote control, aksesoris dari mesin game Nintendo Wii. Untuk mendapatkan ini saya memanfaatkan search engine Google di Internet. Beruntung ada sebuah webstore yang menjual peralatan game yang menjual perangkat ini, nilai lebihnya adalah posisi toko offline-nya ada di Semarang, Jawa Tengah.

Toko ini bernama Bursa Game, berada di Jalan Krapyak, Semarang. Begitu mendapatkan nomor telepon kontak, saya langsung menghubungi pemiliknya yang bernama Pak Anton. Akhirnya saya mendapatkan Wiimote dengan harga yang lebih murah dibandingkan price list di toko onlinenya (thanks pak Anton!). Di pasaran harganya sekitar Rp. 500.000 (kalo beli di Jakarta mungkin harganya lebih murah). Ada juga di beberapa toko menjual Wii Remote beserta Nunchuck seharga Rp. 700.000, saran saya beli saja Wii Remote yang tidak disertai Nunchuk karena lebih murah :) .

Kenapa butuh Wiimote? Karena di dalam alat ini terdapat Infrared (IR) kamera yang nantinya berfungsi menangkap cahaya Infrared (IR) dari IR pen yang kemudian direpresentasikan sebagai gerakan kursor di layar. Lantas bagaimana Wiimote ini berkoneksi dengan komputer? Wiimote menggunakan konektivitas Bluetooth untuk berhubungan dengan komputer….. Ah.. ternyata sudah malam… sekian dulu eksplorasi Wiimote nya.. bersambung di posting berikutnya yaaa?

4 comments:

Duta said...

numpang corat coret gan....
http://dutamultimedia.blogspot.com/2010/01/infrared-pens.html

MUHAIMIN said...

sama2

Duta said...

mudah dan murah.... http://dutamultimedia.blogspot.com/2010/01/infrared-pens.html

Unknown said...

ajarin dong gan

Mau Untung Ikuti Jejak Kami

Search This Blog